Onani, Blogger Tipe Pemuas Diri Sendiri

Ngeblog itu merupakan aktivitas memuaskan diri sendiri yakni dengan menuangkan dan mencurahkan apa yang dirasa dan dilihat dalam tulisan, atau bahkan hanya berisi pengalaman sehari-hari, hal ini sama dengan beronani yaitu memuaskan hasrat diri sendiri, tanpa memperdulikan pembaca setia blognya, apa yang diinginkan pembaca atau manfaat apa yang hendak diberikan ke pembaca.

Onani, Blogger Tipe Pemuas Diri Sendiri

Onani, Blogger Tipe Pemuas Diri Sendiri

Istilah blogger onani ini saya dapatkan ketika membaca beberapa blog yang sering saya singgahi, disana saya temukan kata “Onani” yang mendeskripsikan seorang blogger yang asik menterjemahkan isi pikirannya sendiri. Memang ngeblog adalah sebuah aktivitas untuk menterjemahkan apa yang terlintas dipikiran kedalam bentuk tulisan, tetapi apakah selamanya kita ngeblog hanya untuk diri kita sendiri tanpa memperdulikan para pembaca yang lalu-lalang melalui jalan manapun yang masuk ke blog kita, dan akhirnya mereka pergi, tanpa adanya kesan bahwa blog kita menarik untuk dibaca dan dibongkar setiap artikel yang termuat diblog kita tersebut? Di beberapa blog disebutkan bahwa seorang blogger pemula biasanya adalah blogger yang senang beronani ria di blognya, akan tetapi hal ini dapat dimaklumi karena merupakan satu tahapan langkah pembelajaran, setiap blogger pasti pernah mengalaminya.

Bagaimana ciri-ciri blogger yang dapat dikatakan seorang blogger yang bukan bertipe senang beronani ? Blogpreneur, Ya ! blogger yang dapat dikatakan sudah tidak senang beronani adalah seorang blogger yang dikategorikan blogpreneur, yang mempunyai ciri-ciri yang telah saya sebutkan di tulisan saya sebelumnya di SINI.

Lalu apakah saya juga bisa dikatakan seorang blogger yang bertipe senang onani? anda dapat melihat sendiri isi dari blog ini, apakah cukup senang anda baca, atau terkesan isi perasaan saya saja, anda bisa menjawabnya sendiri. Serta bagaimana dengan anda, anda masih senang beronani ? atau anda berharap pembaca betah membaca blog anda ?