Menjadi Blogpreneur

Pertanyaan yang muncul dibenakku sesaat sebelum menuliskan postingan ini, malam-malam begini (sebenarnya sudah jam pagi) tiba-tiba mendapatkan sebuah ide menulis, sayang jika dilewatkan dengan menunda menulis, dikhawatirkan kehilangan ide.

Sebelumnya saya disibukkan dengan aktifitas seorang blogger, biasalah apalagi kalau bukan blogwalking, kebetulan mampir di blog seorang blogger ternama yakni bukik.com dan membaca sebuah postingan dan tak lupa juga turut berkomentar dan membuahkan sebuah komentar balik dari mas bukik di salah satu artikel saya (akhirnya dikoment oleh blogger kondang, xixixi). Di postingan beliau satu hal yang menarik menurut saya yakni tentang tipe blogger yang dibagi oleh beliau menjadi 6 (enam) tipe, yakni :

Menjadi Blogpreneur

Menjadi Blogpreneur

  1. Blogger pemula yaitu mereka yang baru diawal tahap ngeblog dan masih menulis sekedar untuk menulis.
  2. Blogger bisnis gelap adalah mereka yang ngeblog untuk mencari uang dengan jalan pintas. Cirinya penggunaan SEO tanpa disertai mutu posting yang memadai.
  3. Blogger perusahaan adalah mereka yang menghidupkan blog buat perusahaan tempatnya bekerja.
  4. Blogger personal adalah mereka yang ngeblog untuk mengekspresikan hobi dan kehidupannya serta menjalin relasi dengan mereka yang mempunyai kesamaan.
  5. Blogger profesional adalah mereka yang menangani blognya berdasarkan pada suatu profesi atau topik=topik tertentu. Biasanya, kepentingan utamanya adalah membangun personal brand.
  6. Bloggerpreneur adalah blogger yang menjadikan blog sebagai bisnis dengan memberikan manfaat tertentu pada orang banyak. Manfaat tertentu itu diberikan secara gratis atau dengan suatu persyaratan tapi tetap relatif gratis.

Dari keenam tipe yang diajukan di atas mungkin saya dapat mengkategorikan diri saya sebagai seorang blogger yang memiliki tipe nomor 4, kenapa ? karena saya ngeblog sebagai ekspresi dari hoby saya menuangkan pemikiran saya dalam bentuk sebuah tulisan. Sebenarnya saya berharap bisa menjadi seorang blogger bertipe nomor 6, yaitu seorang Bloggerpreneur yang memberikan banyak manfaat bagi banyak orang, tetapi menilik kemampuan saya saat ini saya rasa belum sampai ke arah itu, saya masih butuh banyak belajar dan belajar lagi untuk menjadi seorang Blogpreneur. Menurut mas bukik juga menjadi seorang Blogpreneur semestinya memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Pertama, menulis posting yang bisa memberikan manfaat buat banyak orang.
  • Kedua, mempunyai jejaring yang luas di dunia digital. Jejaring ini terbentuk mulai dari blogwalking hingga melakukan kopdar blogger.
  • Ketiga, mengelola blognya secara serius sehingga mudah diakses dan nyaman dilihat.
  • Keempat, struktur tulisan yang terdiri dari lead, badan dan penutup yang memancing komentar.

Dari keempat hal di atas sangat-sangat mungkin dilakukan oleh semua blogger yang serius ingin menjadi Blogpreneur, tetapi tentunya membutuhkan waktu dan modal niat yang bulat untuk dapat mewujudkannya. Harapan saya untuk menjadi seorang Blogpreneur, dan semoga hal ini terwujud ? Semoga.
Apakah anda juga (khususnya kaum blogger pemula dan blogger personal) memiliki niat yang sama seperti saya ? mari kita sama-sama belajar, serta saling membagi apa yang kita pelajari.