Istilah-istilah dalam Dunia Blogging yang Wajib kamu Ketahui

Blog saat ini sudah menjadi hal yang semakin populer, dalam kegiatan blogging itu sangat menyenangkan dan bisa menambah wawasan secara alami terhadap sang blogger sendiri, itulah kata yang sering diungkapkan para blogger. Dalam kegiatan blogging ada banyak sekali kata-kata yang mengandung istilah, untuk para master blogger mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang sering di dengar.

Istilah-istilah dalam Dunia Blogging yang Wajib kamu Ketahui

Istilah-istilah dalam Dunia Blogging yang Wajib kamu Ketahui

Tetapi bagi para blogger pemula mungkin masih sedikit bingung dengan hal itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang istilah yang sering didengar didalam kegiatan blogging yang harus di ketahui oleh blogger pemula, berikut penjelasannya secara singkat:

  1. Posting

Posting adalah suatu kegiatan untuk menyebarkan informasi yang anda ketahui blogger untuk orang banyak, dengan cara membuat konten atau artikel. Posting ini tidak hanya berada di dalam blogging saja tetapi bisa juga di media sosial, email, dll. Bentuk posting itu juga bervariasi, biasanya berupa teks, gambar dan juga video. Tergantung kreatifitas para blogger itu sendiri dalam membuatnya.

  1. Blogger

Blogger adalah owners atau pemilik yang resmi dari sebuah blog. Blogger biasa juga disebut sebagai admin, karena blogger adalah orang yang paling mempunyai hak penuh dalam sebuah blog, baik itu isi, tampilan dll. Jadi nasib sebuah blog itu ada di tangan blogger, apakah blog itu menjadi baik ataupun malah sebaliknya. Semua itu terserah blogger nya,mau di bawa ke arah mana blog tersebut, karena itu sudah menjadi haknya blogger. Blogger juga bisa mengacu kepada Platform Gratis yang disediakan Google untuk Membuat Blog (blogger.com). Saya Sendiri lebih suka menyebutnya BlogSpot karena Istilah Blogger menurut saya lebih Universal.

  1. Domain

Domain adalah nama unik yang di pergunakan untuk membedakan alamat blog tersebut didalam server. Dengan kehadiran domain maka tidak akan ada URL suatu blog atau website yang sama. Sebagaimana kita telah ketahui bersama bahwa ketika kita membangun sebuah blog, maka kita dihadirkan dengan dua pilihan. Pilihan pertama adalah dengan cara gratis, seperti yang di tawarkan penyedia layanan, seperti yang umum di pergunakan para blogger yaitu Blogspot, wordpress.com dll. Tetapi blog dengan platfrom gratis ini diwajibkan menambahkan nama brand mereka dengan istilahnya subdomain, contohnya blog ini.

 

Pilihan yang kedua adalah dengan cara berbayar,dengan cara ini blog kita akan terlihat lebih profesional karena menggunakan TLD (Top Level Domain). Karena TLD ini berbayar jadi kita bebas menentukan nama alamat blog sesuai dengan yang kita inginkan asal Domainnya Tersedia, sebagai contohnya adalah www.bloganda.com.

  1. Template

Template adalah gaya tampilan sebuah blog, para master blogger mungkin sudah bisa membuat template sendiri, dan para blogger pemula kebanyakan belum bisa membuatnya. Tetapi jangan berkecil hati karena banyak situs yang menyediakan template yang gratis dan berbayar. Contohnya adalah Blog Sederhana ini yang Menggunakan Template BroSense Gratis dari Sugeng.id.

  1. Tag

Tag adalah sebuah simbol yang digunakan sebagai kode untuk menandai perintah HTML pada sebuah blog.

  1. RSS (Really Simple Syndication)

RSS merupakan format web feed yang ditulis dalam format XML (eXtensible Markup Language)

  1. Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog milik orang lain untuk tujuan kampanye SEO agar trafik blog bisa meningkat, tetapi blogger yang sedang melakukan blog walking tidak hanya bertujuan SEO saja, melainkan untuk dapat menjalin hubungan yang baik antara sesama blogger.

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah serangkaian upaya-upaya seorang blogger untuk mengoptimalkan rangking blog mereka di mesin telusur seperti Google, Yahoo, Bing dll. Dengan memanfaatkan optimasi SEO dengan baik, para blogger dapat memaksimalkan Peringkat blog mereka.

 

Itulah 8 (delapan) istilah yang sering kita dengar dalam kegiatan blogging yqng harus diketahui blogger pemula, walaupun masih banyak istilah-istilah yang lainnya. Menurut saya penjelasan di atas adalah istilah yang paling sering didengar dan dilontarkan para blogger. InsyaAllah apabila ada Waktu akan saya Update lagi List ini.