Hacker dan Citra Buruknya

Kata Hacker sejatinya merujuk kepada orang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan untuk mengeksplorasi ataupun meretas suatu sistem komputer dan sistem operasi lainnya yang sebenarnya memiliki citra positif, karena para hacker sejatinya mengamankan sebuah sistem atau jaringan tersebut tanpa adanya niat melakukan pengrusakan ataupun pencurian informasi apapun dari apa yang berhasil ia/mereka retas.

Lalu mengapa citra hacker terkadang buruk dimata masyarakat pada umumnya ? Hal ini karena ulah sekelompok orang atau perorangan yang lazim disebut Cracker oleh praktisi di bidang komputer dan jaringan yang di mata orang awam juga disebut sebagai Hacker yang berusaha melakukan pengrusakan dan pencurian informasi  serta melumpuhkan jaringan komputer. Kelompok yang disebut cracker inilah yang sebenarnya memperburuk citra hacker sehingga hacker memperoleh citra buruk, dengan tindakan pengrusakan yang mereka lakukan tersebut di atas.

Hacker dan Citra Buruknya

Hacker dan Citra Buruknya

Salah satu contoh perbuatan cracker yang tidak bertanggung jawab adalah peretasan terhadap akun di jejaring sosial seperti Facebook, yang bertujuan untuk mencuri data dan informasi untuk tujuan-tujuan tertentu, dan lebih kejam lagi sebagai perusakan nama baik seseorang, hal ini mungkin dapat dilatar belakangi oleh dendam terhadap seseorang atau alasan yang lainnya.

Kasus pengrusakan nama baik seseorang yang dicurigai berlatar belakang dendam yang teranyar saya dapati adalah pengambil alihan sebuah akun Facebook seorang remaja di daerah tempat tinggal saya, yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, akun tersebut yakni http://www.facebook.com/nyamiexx. Tindakan pelaku menyusup dan mengambil alih akun tersebut dapat saya kategorikan sebagai tindakan Cyber Crime karena telah merusak nama baik pemilik akun tersebut yakni dengan mengunggah gambar yang tidak pantas dan menuliskan status yang berisi kata-kata kotor, yang seolah-olah dituliskan oleh sang pemilik akun.

Tulisan ini hanya ingin memberi peringatan kepada semua yang memiliki akun di berbagai media sosial agar dapat memproteksi akun mereka dengan aman, berikut beberapa tips menjaga keamanan akun di jejaring sosial yang di tulis oleh rekan saya Iswahyudi  di Dokumen Group Tayan Social Network :

  1. Kita mulai dari hal yang kecil berhati-hatilah mengetik pasword fb baik diwarnet atau pun dirumah saat ada orang lain disekitar anda, rambut sama hitam hati orang siapa yang tau.
  2. Jangan pernah membuat password yg mudah dilacak misalnya tanggal lahir, nama anak, nama pacar atau hal-hal lain yg mudah ditebak orang, jadi saran saya buatlah password acak yg sulit dilacak, ini contoh password fb yg pertama kali saya pakai “kmzwa8awaa”
  3. “do you want remember your pasword?” mungkin tulisan ini sering anda liat saat login facebook di Mozilla, banyak yang meremehkan hal ini, sebenarnya inilah awal dari malapetaka, jika anda klik “remember” maka pasword dan email anda akan terekam oleh Mozila dan bisa di buka oleh orang lain yang bermain setelah anda, jadi jika menemukan tulisan ini sebaiknya klik pada lambang “x”
  4. Waspada keylogger, keylogger adalah program komputer yang bisa merekam ketikan user di komputer, apa pun yang di ketik orang akan tersimpan di log data keylogger tentu saja termasuk juga alamat email dan pasword anda, jadi tindak pencegahan berilah spasi beberapa kali pada akhir paswor anda misalnya pasword anda 123456 maka berikan spasi di ujunnya “123456(spasi5kali)” maka yang terekam oleh keylogger hanyalah 123456 saja.
  5. Gunakan keamanan yg sama pada email anda, ini yg banyak diremehkan orang, keamanan FB boleh kuat bagaimana dengan email ? gunakan tips diatas (no.4) untuk keamanan email anda juga
  6. Berhati-hati dengan warnet yg tidak menggunakan “defrezz” apa itu defrezz ? baiklah saya jelaskan secara singkat defreez berfungsi menghalangi tindakan user untuk menginstal berbagai program apapun ke pc warnet ketika pc warnet tersebut akan kembali dalam keadaan sediakala sebelum di pegang user jadi aplikasi yg di pasang (bisa jadi keylogger) akan hilang sekejap, untuk melihat keberadaan defrezz anda bisa menekan tombol CTRL+shift+alt+f6 secara bersamaan.

Tulisan ini juga ditujukan kepada pelaku untuk dapat mengembalikan akun tersebut kepada pemilik aslinya, serta berhenti melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain.

Manfaatkan internet dan sosial media untuk hal-hal yang lebih baik, bukan untuk tindakan yang merugikan orang lain. Jadilah Hacker yang berguna bagi semua orang bukan menjadi peretas yang merugikan orang lain, dan juga memperburuk citra Hacker itu sendiri.